Sabtu, 13 November 2010

Pesan Paus Bagi Pemimpin G20



Paus Benedict XVI. AP/Kirsty Wigglesworth
TEMPO Interaktif, Kota Vatikan -Pertemuan puncak G20 berlangsung hari ini di Seoul, Korea Selatan. Salah satu yang menjadi fokus: perang mata uang. Paus Benediktus XVI pun berpesan kepada para pemimpin negara di pertemuan tersebut.

Paus Benediktus XVI meminta para pemimpin dunia bekerjasama untuk solusi terhadap krisis ekonomi global. Menulis di Osservatore Romano, harian resmi Vatikan, Paus mengatakan para pemimpin dari 20 ekonomi terkemuka di dunia harus menghormati "martabat manusia" dan menghindari kebijakan yang menguntungkan beberapa negara atas orang lain. 

"Dunia mengamati anda," kata Paus. "Karena itu saya mendorong Anda untuk mengatasi berbagai masalah serius yang dihadapi Anda untuk mencari solusi jangka panjang, berkelanjutan dan adil." 

Pertemuan puncak dikabarkan diselimuti ketegangan. Ketegangan ini dipicu perang kurs antara Yuan dan Dolar. Cina selama ini melindungi mata uang Yuan. Mata uang Yuan diproteksi oleh pemerintah Cina dalam kisaran tertentu. Dengan begitu, mata uang tidak bisa terlalu melemah atau menguat.

Proteksi mata uang Yuan di antaranya menyebabkan melemahnya dolar. Hal itu diikuti perkuatan beberapa mata uang termasuk rupiah. Menguatnya rupiah terhadap dolar membuat berkurangnya daya saing barang ekspor.

MSNNews | PGR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar