Senin, 24 Januari 2011

HIDUP Yang SEIMBANG


hidup_seimbang.jpgBrian Dyson, mantan eksekutif Coca Cola, pernah menyampaikan pidato yang sangat menarik. “Bayangkan hidup itu seperti pemain akrobat dengan lima bola yang dilempar melayang ke udara.  Anda bisa menamai bola itu dengan sebutan: 1) Pekerjaan/karir.  2) Keluarga.  3) Kesehatan.  4) Sahabat.  5) Semangat.
Anda harus menjaga semua bola tetap di udara dan jangan sampai ada yang terjatuh.  Kalaupun situasi mengharuskan anda melepaskan salah satu di antara ke lima bola tersebut, lepaskanlah pekerjaan karena pekerjaan adalah bola karet.  Pada saat anda menjatuhkannya, suatu saat ia akan melambung kembali, namun empat bola lain: keluarga, kesehatan, sahabat dan semangat adalah bola kaca.  Jika anda menjatuhkannya, akibatnya bisa sangat fatal!
Brian Dyson mencoba mengajak kita hidup seimbang.  Namun pada kenyataannya kita terlalu menjaga pekerjaan yang adalah bola karet.  Kita mengorbankan keluarga, kesehatan, sahabat dan semangat demi menyelamatkan bola karet tersebut.  Demi uang atau pekerjaan, kita mengabaikan keluarga.  Demi meraih sukses dalam pekerjaan, kita tidak memperhatikan kesehatan.  Demi uang dan pekerjaan, kita rela menghancurkan hubungan dengan sahabat yang telah kita bangun bertahun-tahun lamanya. 
Pekerjaan memang penting, namun jangan sampai pekerjaan atau uang menjadi berhala dalam hidup kita.  Ingatlah, kalaupun kita kehilangan uang, kita masih bisa mencarinya lagi.  Tapi jika keluarga sudah pecah dan hancur, kemana kita membelinya?
Jagalah prioritas hidup anda tetap seimbang, utamakan Tuhan dan keutuhan keluarga. (emai)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar