Rabu, 17 November 2010

Pendiri Facebook: Si Nakal Dari Harvard


Mark Zuckerberg



Mark Zuckerberg : Si Nakal Dari Harvard
Mark Zuckerberg memang mahasiswa yang luar biasa. Nakal tetapi punya banyak ide kreatif. Ia sempat dihukum petinggi kampus lantaran membuat situs yang menilai penampilan fisik mahasiswa Harvard. Tetapi itu tidak membuat kreativitas Mark surut, apalagi mati. Tiga bulan setelah hukuman, dia malah sukses menciptakan situs yang kini sangat mendunia. Facebook.


Dia punya nama lengkap Mark Elliot Zuckerberg. Lahir di Dobbs Ferry, New York pada tanggal 14 Mei 1984. Mark dikenal sebagai seorang programmer muda super inovatif. Facebook, yang merupakan situs jejaring sosial, hanyalah salah satu lecutan Mark yang diciptakan semasa duduk di bangku kuliah. Inilah karya yang melambungkan nama, juga pundi-pundinya.
Sebelum kuliah di Harvard, Mark bersekolah di Ardsley High School, New York tahun 1998 sampai 2000. Belum tuntas sekolahnya di situ, ia pindah ke Phillips Exeter Academy. Di sekolah ini akhirnya ia menyelesaikan SMA-nya, tahun 2002.
Kreativitas Mark Zuckenberg memang sudah sudah menonjol sejak remaja. Saat duduk di Sekolah Menengah Atas, dia pernah membuat Synapse, sebuah program perekomendasi musik. Software bernama Wirehog, aplikasi peer to peer alias yang menghubungkan antar komputer via jaringan internet, juga pernah ia buat.
Mark Zuckerberg di depan komputernya Mark pernah pula ditawari pekerjaan oleh Microsoft dan AOL. Padahal waktu itu Mark belum lagi menyelesaikan studinya di Phillips Exeter. Tawaran dua perusahaan raksasa itu datang gara-gara proyek hacking yang digarapnya sukses besar. Hebatnya, Mark tidak seujung kukupun tergiur.
Alih-alih menerima pinangan dua perusahaan — yang banyak diimpikan oleh lulusan universitas di seantero negeri Paman Sam itu — Mark malah masuk jurusan psikologi Harvard University. Jurusan yang sama sekali jauh dari kegemarannya mengutak-atik komputer.

Sepuluh fakta tentang Mark Zuckerberg:
1. Nama lengkapnya adalah Mark Elliot Zuckerberg
2. Mark lahir di New York, 14 Mei 1984
3. Saat SMA, Mark pernah ditawari pekerjaan oleh Microsoft dan AOL
4. Meski doyan bikin software, di Harvard Mark ia memilih jurusan Psikologi
5. Synapse, Wirehog, Coursematch, dan Facemash adalah software buatan Mark sebelum Facebook
6. Mark Zuckerberg pernah dihukum oleh Harvard karena membuat Facemash
7. Facebook dibuat tidak sampai 3 bulan setelah Mark membuat Facemash
8. Di musim panas 2004, Mark dan rekan-rekannya pergi ke Palo Alto untuk mengembangkan Facebook dan tidak pernah kembali ke Harvard untuk melanjutkan kuliah
9. Mark menjuluki kantornya di University Avenue, Palo Alto sebagai Urban Campus
10. Di Facebook, Mark tetap aktif memipin tim desain, layanan dan pengembangan TI serta infrastruktur. Sampai saat ini.
Kuliah di Psikologi, tapi di Harvard Mark menjadi aktivis Alpha Epsilon Pi, sebuah kelompok yang gemar membuat program komputer. Proyek perdananya adalah Coursematch. Ini adalah situs khusus di mana para mahasiswa bisa mengintip daftar mahasiswa yang mengambil kelas tertentu. Situs ini menarik banyak mahasiswa-mahasiswi yang ingin mencari pasangan.
Proyek lainnya, yakni Facemash.com. Ini situs khusus yang memberi rating foto siswa-siswi Harvard. Situs ini serupa dengan Hot or Not (www.hotornot.com). Petinggi Harvard yang meradang bukan kepalang membredel situs itu. Facemash akhirnya termasuk situs yang umurnya paling pendek di dunia: cuma empat jam. Rapat petinggi Harvard akhirnya memutuskan: Mark Zuckerberg dihukum.
Tapi tiga bulan setelah hukuman itu, pada 4 Februari 2004, Mark meluncurkan Facebook dari asramanya di Harvard. Sambutannya ternyata luar biasa. Situs itu sukses besar. Lima belas hari setelah diluncurkan, lebih dari duapertiga siswa Harvard mendaftarkan diri di Facebook.
Mark Zuckerberg dan Priscilla Chan Lantaran di Harvard sukses besar, Mark lalu memutuskan untuk menyebarkan Facebook ke kampus lain. Dia meminta bantuan teman sekamarnya, Dustin Moskovitz. Dua anak muda itu rajin menyebarkan Facebook ke Stanford, Columbia, dan Yale. Setelah itu mereka merambah ke sekolah-sekolah yang terdaftar di Ivy League–sekolah swasta favorit yang memiliki tim olah raga menonjol– dan sekolah lain di kawasan sekitar Boston. Pada awal musim panas 2004, Mark dan Dustin sudah berhasil menyebarkan Facebook hampir ke 30 sekolah.
Belum selesai musim panas tahun 2004 itu Mark Zuckerberg bersama Dustin Moskovitz pindah ke Palo Alto. Mark mengajak pacarnya yang bernama Priscilla Chan. Dengan beberapa teman lain, di sana mereka terus mengembangkan Facebook. Rencananya, Mark dan teman-temannya pulang ke Harvard di musim gugur untuk kembali berkuliah. Tapi rencana pulang ke kampus itu tidak pernah terjadi. Mark memilih menetap di California dan tidak melanjutkan kuliah. Priscilla tetap kembali ke kampus.
Di Palo Alto, Mark bersama kawan-kawannya menyewa sebuah rumah kecil. Inilah kantor pertama mereka. Di musim panas tersebut Mark juga bertemu dengan Peter Thiel yang kemudian bersedia untuk melakukan investasi di perusahaan baru itu. Sejak saat itu kesuksesan terus diraih. Mereka kemudian menyewa sebuah kantor di University Avenue di pusat kota Alto.
Sampai saat ini Facebook telah memiliki tujuh buah bangunan di Palo Alto, yang disebut oleh Mark Zuckerberg sebagai “urban campus”. Mark Zuckerberg sendiri masih aktif dan bertanggungjawab untuk mengarahkan serta membuat strategi bisnis Facebook. Ia memimpin tim desain, layanan, dan pengembangan teknologi serta infrastrukturnya.
Tahun 2008 ini, Mark Zuckerberg masuk dalam daftar orang terkaya di seluruh dunia versi majalah Forbes. Dalam usia 23 tahun Mark masuk peringkat 785 orang terkaya dunia. Totalnya hartanya mencapai 1,5 miliar dolar AS.
Sumber : VivaNews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar