Rabu, 06 Agustus 2014

JANGAN MELARANG ORANG MABOK



Menyampaikan apresiasi selamat atas kebahagiaan atau kesuksesan pihak lain walaupun itu hanya basa-basi normatif terasa sudah biasa. Menjadi perkara luar biasa KETIKA saya membeli 4 cup es durian , kepada sang penjual saya sampaikan “TERIMAS KASIH” atas pelayanannya. Namun betapa mengejutkan sang penjual spontan merespon tanpa ragu mengatakan ‘ SELAMAT MENDEM “ wooo......wooooo woow
Seumur hidup lidah bibir saya tak pernah tersentuh rokok ataupun minuman keras tapi hari ini saya disamakan seperti pemabuk yg dilegalisasi untuk MENDEM sepuasnya. Apanya yg salah dari komunikasi transaksi tersebut?
Penjual itu tidak salah karena harus menyampaikan propaganga perusahaan MENDEM DUREN, supaya orang kembali lagi untuk mendem
Kesalahan saya, karena telah menempatkan diri dalam mindset yang anti MENDEM atau MABOK dengan konsep negatif yg sejajar dengan MOLIMO (main, madon maling, madat, minum).
Hari ini saya harus merevolusi konsep tentang mendem yg secara normatif brkonotasi negatif, karena ini adalah bagian dari revolusi mental !
Alkitab melarang kita MABUK oleh anggur tetapi HARUS PENUH dengan ROH KUDUS. (Efesus 5 : 18)
Kata MABUK disejajarkan artinya dengan PENUH dengan Roh Kudus
Apa persamaan antara penuh Roh Kudus dengan mabuk anggur? Persamaannya adalah keduanya memiliki kekuatan untuk MEMPENGARUHI (under the influence). Orang yang dipenuhi Roh Kudus dipengaruhi atau dikuasai oleh Roh Kudus. Orang yang mabuk anggur dipengaruhi atau dikuasai oleh anggur.
Perbedaannya adalah kalau penuh Roh Kudus terjadi ‘self-control’ (penguasaan diri) sehingga melahirkan sikap konstruktif:
Berbicara dengan sukacita kepada Allah dalam mazmur, kidung puji-pujian, dan nyanyian rohani (ayat Ef 5:19),
Mengucap syukur (ayat Ef 5:20) dan
Merendahkan diri seorang kepada yang lain (ayat Ef 5:21).
dan hal ini tidak terjadi sektika atau sekali saja tetapi dapat terjadi secara terus menerus atau berulangkali (bentuk pasif-imperatif) sedangkan kalau mabuk anggur justru kehilangan penguasaan diri yg berdampak merusak diri sendiri dan orang lain.
Mereka yg penuh dengan Roh Kudus dapat disejajarkan dengan orang yg mabuk Roh Kudus.
Tidak mungkin terjadi revolusi mental tanpa dipenuhi Roh Kudus.
Jadi jangan melarang orang mabok !!!!
Selamat MENDEM dan selamat beribadah Tuhan Yesus memberkati !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar